Pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024 Di SD Negeri Antalisa

Ujian Sekolah Tingkat Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2023/2024 telah selesai. Ujian yang berlangsung selama enam hari itu ditutup dengan mata ujian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sebelumnya di hari pertama, pelaksanaan ujian diawali dengan dua mata pelajaran yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, diikuti dengan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Semua sekolah tingkat dasar yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga khususnya di Kabupaten Fakfak terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut termasuk SD Negeri Antalisa yang berada di Distrik Karas.

Kegiatan ujian di sekolah tersebut berlangsung secara aman dan lancar tanpa gangguan keamanan sedikitpun. Kegiatan ujian di SD Negeri Antalisa diikuti oleh delapan siswa yang terdiri dari tujuh laki-laki dan satu perempuan. Di sela-sela pelaksanaan ujian, tepatnya di hari kedua, Selasa 14 Mei 2024, panitia dan peserta ujian mendapat kunjungan dari Pengawas SD Distrik Karas Bapak Cahyadi Pelupessy, S.Pd, yang telah berada di Distrik Karas (Kampung Malakuli) dua hari sebelum ujian sekolah dilaksanakan.

Di samping melakukan pemantauan pelaksanaan ujian, beliau juga melakukan pembinaan serta penguatan kepada para guru dan kepala sekolah, terutama bagaimana menjaga hubungan sosial antara para guru dan masyarakat atau orang tua peserta didik, yang salah satunya adalah dengan cara melaksanakan kewajiban mengajar di sekolah. Hal ini sangat perlu diperhatikan untuk menghindari justifikasi buruk masyarakat atau orang tua. Beliau juga sangat mengharapkan keterbukaan (transparansi) kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinan di sekolah agar keharmonisan antara kepala sekolah dan para guru tetap terjalin baik.

Beberapa peristiwa penting yang ikut mewarnai pelaksanaan ujian sekolah ini adalah antusias para orang tua peserta ujian yang selalu menyediakan hidangan bagi para panitia dan peserta ujian. Di hari terakhir, para orang tua bahkan menyediakan makanan dan minuman dengan mengundang beberapa aparat kampung untuk bersama-sama menyantap hidangan yang telah mereka sediakan. Kepala Kampung, Ketua BAPERKAM, Ketua-Ketua RT, beberapa anggota masyarakat bahkan anak-anak pun ikut menikmati hidangan di hari terakhir itu. Hal ini menjadi momen yang akan dikenang seumur hidup bagi para peserta didik. Kebersamaan mereka bersama para guru dan teman-teman mereka di sekolah dasar ini tidak mungkin lagi terulang di masa yang akan datang. Diberikan kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua kata pada momen tersebut, Kepala Kampung Antalisa, Bapak Burhanudin Kilian menyambut baik kebersamaan tersebut, bahkan menjadi momen silaturrahmi yang baik antara sekolah dan pemerintah kampung dan seluruh masyarakat. Momen bahagia ini pun diakhiri dengan foto bersama para peserta ujian.

Foto Bersama Peserta Ujian. Nampak Belakang (Tengah) Kepala Kampung Antalisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *