UJIAN PRAKTEK SD NEGERI ANTALISA TAHUN 2024*

Pagi itu (Rabu, 24 April 2024), mentari pagi belum lagi mengintip dari ujung ufuk, anak-anak dengan seragam lengkap telah berada di tempat ujian praktek. Antusias mereka dalam pembelajaran memang sangat tinggi. Mungkin setinggi mount everest, yang terkadang membuat kami para guru kewalahan mendakinya untuk membuat posisi yang sama tinggi dengan semangat mereka. Apalagi yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian seperti ini, mereka disuruh membawa tembaga, mereka datang dengan membawa emas, disuruh membawa sebutir, mereka akan membawanya sekarung, dijadwalkan jam setengah delapan mereka sudah siap dalam remang. Begitulah mereka, anak-anak kampung, tapi semangat mereka bukan kampungan. Mereka selalu siap dalam keadaan apapun untuk belajar. Jika pengetahuan mereka tidak maksimal, stimulus dari kami pendidiklah yang kurang maksimal.

Seperti biasanya, ujian praktek di SD Negeri Antalisa berlangsung tanpa ada gangguan keamanan. Meski demikian ada sedikit perbedaan berkaitan dengan tempat pelaksanaan ujian praktek kali ini dengan tahun sebelumnya. Untuk ujian praktek tahun ini diadakan di luar sekolah yakni menggunakan balai pertemuan kampung untuk ujian praktek Ilmu Pengetahuan Alam, Seni Budaya dan Prakarya, Sedangkan untuk ujian praktek Pendidikan Agama Islam, kami menggunakan masjid. Dan ujian praktek Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berlangsung di komplek pelabuhan (jembatan). Alasan dipilihnya tempat-tempat tersebut demi memberikan kesan bahwa mereka sedang beraktifitas pada ruang yang sesungguhnya (riil), bukan ruang imajinasi saat masih belajar di dalam ruang kelas.

Peserta ujian terdiri dari delapan orang, yakni satu perempuan dan tujuh laki-laki. Para tenaga pendidik pun dengan semangat mendampingi peserta ujian sejak hari pertama hingga selesai yaitu dari tanggal 24 sampai 26 April 2024. Kokompakan para pendidik menjadi kunci sukses kegiatan ujian praktek ini. Sebagai kepala sekolah, tentu bangga dan lebih bersemangat bisa berada bersama mereka. Untuk para pendidik, KATAKANLAH APA YANG ANDA PIKIRKAN. JIKA ITU BAIK BAGI PESERTA DIDIK, AKAN KITA ANGGARKAN UNTUK MEREALISASIKAN PIKIRAN ANDA.

Ujian Praktek Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI)
Foto bersama peserta Ujian Praktek PJOK
Ujian Praktek SBDP

Penulis adalah Kepala SD Negeri Antalisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *